Menonton film asing secara online di internet tanpa adanya terjemahan atau sub title di dalamnya, tentunya membuat kurang afdol bagi orang yang menontonnya. Ibarat sayur tanpa garam, begitulah ungkapan yang terlontar terkait hal tersebut. Lagian apalah enaknya menonton sesuatu tanpa bisa sedikitpun memahami alur ceritanya. Ya, apa boleh buat, kalau demikian adanya maka aplikasi JustSubsPlayer kiranya dapat dijadikan sebagai solusinya.
Tips Menambahkan Teks Subtitle Pada Video Online dengan JustSubsPlayer Image
Lalu yang menjadi pertanyaan, tahukah Anda dengan aplikasi JustSubsPlayer itu? JustSubsPlayer itu merupakan aplikasi open source yang tersedia secara gratis dan memungkinkan Anda untuk menampilkan subtitle secara terpisah (independen) dari video apapun, serta dapat ditempatkan di bagian manapun dari layar. Dengan kata lain, JustSubsPlayer dapat melengkapi keberadaan subtitle dari video FLV atau format video lainnya atau bahkan player yang tidak mendukung sub judul sekalipun, termasuk video browser di situs berbagi video tertentu (seperti Youtube dan lain-lain). Dan yang perlu Anda lakukan di sini adalah Anda cukup menemukan file subtitle yang sesuai dalam format .SRT melalui internet, menjalankannya dengan menggunakan JustSubsPlayer dan kemudian tempatkan posisi subtitle tadi ke tempat yang tepat pada layar dengan cara mendrag dropnya.
Sebagai player subtitle terpisah (independen) yang memainkan file subtitle pada film tertentu dalam bentuk teks terjemahan, JustSubsPlayer merupakan salah satu software aplikasi sederhana yang cukup dapat diandalkan dan dapat dipakai secara cuma-cuma (gratis).
Konsep subtitle yang secara otomatis tampil pada sebuah film asing, membuat penonton dapat lebih mudah dan cepat memahami alur ceritanya. Berbagai film dan video asing yang banyak bertebaran dan mudah diakses di internet, memiliki pemirsa (audien) yang beraneka latar belakang dari penjuru dunia. Terkait hal itu, ironisnya terkadang tidak semua film asing yang ditonton itu disertai dengan keberadaan subtitle terjemahannya sehingga ada kalanya pemirsa (audien) merasa kesulitan dalam memahami alur cerita film yang ditontonnya.
Bahkan ada studi yang menunjukkan kalau keberadaan sub title pada sebuah film dapat memiliki efek positif dan percepatan pada pendidikan anak-anak, khususnya dalam bidang membaca, menulis, dan pemahaman bahasa secara keseluruhan. Oleh karena itu, keberadaan JustSubsPlayer ini boleh jadi sebagai alternatif pilihan yang tepat untuk menemani Anda menonton film-film asing yang tayang on-line di internet.
Dengan penggunaan sub title elektronik seperti sekarang ini, sub title diformat dalam file berekstensi .SRT. Hebatnya lagi, sekarang sebagian besar video digital diformat tidak memiliki sub title hardcoded di dalamnya, dan hal itu berarti sebuah file subtitle terpisah perlu dicari dan didownload serta kemudian dimainkan bersama dengan file video yang ada. Beberapa player video yang ada saat ini memiliki dukungan untuk ini, sedangkan ada pula yang tidak. Untuk memberi dukungan yang lebih baik, JustSubsPlayer mungkin bisa Anda jadikan teman menonton Anda di manapun.
Mencari file subtitle .SRT untuk sebuah film tertentu kini tak sesulit dulu lagi. Pasalnya sekarang telah banyak bertebaran situs tertentu yang menyediakan keberadaan file subtitle secara gratis. Untuk menemukan file subtitle (.SRT), Anda bisa mepergunakan sejumlah program desktop (misalnya Oscar atau Sublight) atau juga bisa mencarinya bersama mbah Google. Dan yang perlu diingat di sini, bahwasanya file subtitle (.SRT) bukanlah satu-satunya subtitle yang dikodekan, yaitu diantaranya seperti MicroDVD (.sub), AQTitle (.aqt), JACOSub (.jss), PowerDivX (.psb), dan masih banyak lainnya.
Tips Menambahkan Teks Subtitle Pada Video Online dengan JustSubsPlayer Image
Tips Menambahkan Teks Subtitle Pada Video Online dengan JustSubsPlayer Image
Contoh video yang sudah ditambahkan subtitle
Setelah file subtitle (.SRT) yang Anda butuhkan telah ditemukan, cukup download ke komputer Anda, dan putar bersamaan Film yang dikehendaki menggunakan aplikasi JustSubsPlayer. Untuk paket download JustSubsPlayer sendiri berukuran sekitar 29K dan dilengkapi dengan file subtitle sampel untuk mencoba bagaimana pengoperasian menggunakan aplikasi tersebut. Untuk mengoptimalkan pengoperasiannya, Anda dapat mengubah kecepatan subtitle, melakukan pause atau stop atau restart subtitle, melompat ke posisi timeline tertentu yang dikehendaki dan bahkan mencari sub title dengan mengetikan sebuah karakter atau kalimat teks tertentu (sehingga dapat membantu Anda menemukan karakter subtitle tertentu dalam film secara cepat dan mudah). Bar JustSubsPlayer itu sendiri akan lenyap dengan sendirinya setelah beberapa saat tidak ada proses interaksi lagi, namun sub title akan terus tampil di layar sampai Anda menghentikannya.
Tips Menambahkan Teks Subtitle Pada Video Online dengan JustSubsPlayer Image
Pengguna harus secara manual mensinkronisasikan JustSubsPlayer dengan player video setiap kali akan menonton film atau video yang diinginkan. Ditambah lagi dengan belum mendukungnya pendaftaran otomatis jenis file subtitle (.SRT) sehingga untuk mengasosiasikannya pun masih harus dilakukan secara manual. Karena begitu sederhana dan mudahnya penggunaan aplikasi JustSubsPlayer ini, sayangnya sampai-sampai situs resminya sekalipun tidak menyediakan dokumentasi apapun sejauh ini. Dan bagi Anda yang mulai tertarik dan berminat mencobanya, ada baiknya Anda langsung praktek aja, OK! Goodluck.

Posting Komentar