Bagi rekan-rekan  yang sudah membeli modem smartfren namun lokasi yang tidak mendukung yang hanya mendapatkan 1 atau 2 bar sinyal smartfren, jangan berkecil hati karena saya akan membocorkan sedikit rahasia dan tips dan trik agar sinyal  smartfren rekan-rekan meningkat dan otomatis kecepatan koneksi internetnya juga semakin gesit.
Sesuai dengan semboyan smartfren yang sering kita dengar di Tv "I hate Slow" ternyata banyak juga yang tidak sesuai dengan yang diiklankan dan banyak yang menjadi kecewa karena merasa terbohongi oleh iklan tersebut, sebelum saya lanjut ke topik selanjutnya, ada baiknya saya memberikan bocoran sedikit bahwa sinyal smartfren untuk mendapatkan akses internet stabil yaitu minimal 3 bar, dan seiring dengan bertambahnya pengguna, semarfren juga mengalami dilema karena masing-masing BTS hanya memiliki banwitch 2 MBPS,  info dari temen saya.
Pantasan saja pada saat pertama kali saya menggunakan smartfren connec itu kecepatannya aduhai sampai 300 Kbps (paket booster) download di IDM padahal sinyal saat itu 2 bar saja, sedangkan sekarang boro-boro dapet kecepatan seperti itu, untuk konek saja susahnya minta ampun.
Tapi untung saja dengan ide kreatif saya dan ditambah lagi dengan sedikit otak atik operator akhirnya ketemu juga trik yang mudah sekali kita gunakan.

yang pertama untuk memperkuat sinyal:
  • rekan-rekan bisa memanfaatkan antena wajanbolik tapi ini susah didapat, buatnya sih mudah tapi orang indonesia kan pada malas semua untuk membuat sendiri. tapi kalo mau tutorialnya disini.
  • Memanfaatkan peralatan yang di dapur. salah satu alat dapur yang paling mempan adalah tempayan kue bolu, seperti gambar dibawah ini :
  • Tutup panci kurang mempan, antena mesti bongkar modemnya dulu.. yang mau coba tutorialnya disini. 
  • Kalo males pake antena, pake saja kabel USB tambahan yang 5 meter, trus naekkan ke atas ventilasi jendela, cari posisi yang tepat dengan menggeser-gesernya sedikit demi sedikit, kalo dah ketemu posisi aman, jangan dipindah-pindah, tiep saat jangan dirubah posisinya karena semakin lama pada satu tempat, sinyal yang didapatkan akan semakin kuat dan stabil, coba saja.



yang kedua untuk mempercepat koneksi dengan settingan APN operator :

Masuk pada menu Setting (menu bagian bawah) dan anda ganti default number (#777), username (smart) dan password (smart) dengan kombinasi berikut : 
number : *98# 
username : cdma atau wap 
password : cdma 

atau 

wap atau number : *31*11111# 
username : cdma atau wap 
password : cdma atau wap 

Penggantian number, username dan password diatas digunakan untuk memakai chanel lain dari layanan smart karena biasanya chanel defaultnya sering ramai digunakan. Silahkan anda coba connect dengan masuk menu NetConnect dan anda coba ganti number, username dan password dengan yang lainnya termasuk default jika masih lambat dan untuk modem yang cepat panas, mungkin ada satu tips buat anda, yaitu bila di setingan awal anda memakai hybrid (maksudnya otomatis kalo ada sinyal evdo maka akan dapat speeed evdo tapi bila tidak dapat sinyal evdo hanya dapat 1x cdma) ubah setingan menjadi evdo only, sehingga modem hanya fokus di jaringan evdo tanpa mencari sinyal ganda secara berlebihan. 

Cara cek pulsa call aja *999 
Cek bonus call *995 

Tapi ada yg perlu di ingat yaitu statement “dalam pemakaian wajar” dan bila lebih dari batas pemakaian wajar provider berhak menurunkan speed, jadi speed anda akan normal lagi setelah modem di disconnect dan di sambung ke esokan harinya, saat ini saya memakai smartfren connect dan untuk modem gsm untuk sementara saya istirahatkan dulu.

Yang ketiga :
menstabilkan koneksi smartfren dengan software, baca disini aja!!

Good Luck yaa!!!


Posting Komentar