TURKI berencana untuk membangun bandara terbesar di dunia di Istanbul, yang diprediksi mampu menangani 150 juta penumpang per tahun, dalam sebuah proyek yang menelan biaya lebih dari 7 miliar euro.

Menteri Transportasi Turki Binali Yildirim mengatakan pada hari Rabu kemarin (23/1/2013) batas waktu untuk tawaran untuk membangun bandara, yang akan menjadi bandara ketiga Istanbul dan memiliki total enam landasan pacu, pada 3 Mei mendatang. Belum jelas kapan kontrak akan diberikan.

Bandara yang akan dibangun ini akan menambah kapasitas vital di wilayah tersebut dan meningkatkan peran Istanbul, khususnya maskapai penerbangan yang membawa bendera Turki.

“Pada kapasitas, bandara ini akan menjadi yang terbesar di dunia dalam hal penumpang,” kata Yildirim dalam konferensi pers di Ankara. “Kami menghitung keseluruhan proyek akan menelan biaya lebih dari 7 miliar euro termasuk biaya pendanaan.”

Ekonomi Turki, yang paling cepat berkembang di Eropa, semakin maju pesat selama dekade terakhir di bawah pimpinan Perdana Menteri Tayyip Erdogan yang menjadi mitra dagang utama dengan Eropa dan Timur Tengah.

Tender pembangunan bandara akan berlangsung dalam proyek empat tahap selama 25 tahun, dengan kapasitas tahunan 90 juta penumpang direncanakan untuk tahap pertama, Yildirim mengatakan.

“Kapasitas tahunan akhir dari bandara akan mencapai 150 juta. Tahap pertama akan beroperasi pada tahun 2017,” ujarnya.

Iklan tender akan diumumkan dalam Berita Negara Turki pada hari Kamis besok.

Perdana Menteri Erdogan sebelumnya mengatakan pada hari Selasa lalu bahwa tender akan diluncurkan pada hari Kamis dengan tahap pertama pembangunan akan selesai dalam 3-4 tahun.(fq/islampos/reuters) [Islam Pos]


Posting Komentar