Kehadiran iPhone 5 pada tahun ini memang sangat ditunggu-tunggu banyak pihak. Karena memang sejatinya Apple sebagai produsen iPhone dihadapkan pada kenyataan bahwa mereka harus menambah amunisi dengan mengeluarkan iPhone generasi berikutnya agar bisa sedikit menghambat laju serbuan smartphone-smartphone Android.
Apple vs Android
Rumor bahwa iPhone generasi terbaru menggunakan lebar layar sekitar 4 inchi, prosesor Quad-core, dan kamera 12 Mega Pixel banyak menggembirakan penggemar produk Apple yang dikenal loyal.
Namun, sebuah analis dari Digitimes Research mengungkapkan bahwa kehadiran iPhone 5 tak akan mengubah laju pertumbuhan smartphone android.
Bahkan Digitimes Research meramalkan bahwa Android akan tumbuh sampai dengan 70% sebagai penguasa pasar smartphone. Analisis tersebut memang tak begitu mengejutkan ketika saat ini Android memimpin market share smartphone global sebesar 60%.
Kontribusi pertumbuhan Android paruh kedua tahun ini disumbang beberapa vendor besar seperti Samsung, ZTE, Sony dan Huawei yang kini makin menunjukan peningkatan penjualan beberapa seri smartphonenya di China.
Pola kemitraan strategis yang dilakukan Nokia dan Microsoft dengan menghadirkan beberapa seri Windows Phone juga sepertinya tak cukup untuk menghadang dominasi Android tahun ini. Berbagai carapun dilakukan oleh Nokia dan Microsoft untuk mendongkrak volume penjualan smartphone Windows Phone mereka. Strategi agresif seperti promosi dan program bundling via operator tetap menunjukan hasil yang kurang memuaskan.  Kita tunggu saja apakah iPhone 5 mampu membalikan ramalan analis Digitimes Research tersebut dan berhasil membendung laju pertumbuhan Android tahun ini.


Posting Komentar