Masalah yang terkadang muncul pada perangkat BlackBerry adalah ketika melakukan pengetikan salah satu huruf, yang muncul malah dua (double), tiga (triple) bahkan empat (Quadruple) huruf.  Misalnya ketika memencet tombol huruf “r” yang muncul malah “rrrr” pada layar. Kondisi ini bisa disebabkan oleh software, bisa juga dari hardware BB dan biasanya terjadi pada perangkat yang sudah lama digunakan, perangkat refurbish, atau bisa juga cacat produksi.
Bila penyebabnya adalah software, maka dapat diatasi dengan cara upgrade OS ke versi yang terbaru. Namun, berita buruknya adalah sebagian besar penyebabnya justru merupakan kondisi hardware keyboard/keypad yang kurang baik. Pada umumnya untuk memperbaiki huruf ganda keyboard BB dilakukan dengan membongkar casing lalu membersihkan atau mengganti keytone hp BB. Hanya saja, bagaimana bila Anda tidak memiliki waktu untuk membawa BlackBerry kesayangan ke service center atau membongkarnya sendiri? Tenang, pada artikel kali ini saya akan memberi sedikit tips untuk mengatasi double typing BlackBerry dengan cepat, tidak repot dan pasti bisa dilakukan sendiri.

Sebelumnya, saya ingin menginformasikan bahwa tips yang saya berikan hanya berguna untuk keadaan darurat saja. Jika Anda memiliki waktu maupun dana atau jika masih garansi, sebaiknya BlackBerry Anda dibawa ke service center untuk diperiksa. Bila diperlukan untuk mengganti keytone, biasanya biaya yang dikeluarkan tidak lebih dari Rp. 100.000.
Untuk mengatasi huruf double keyboard BlackBerry dapat menggunakan fitur auto text atau word substitution. Idenya adalah dengan menggunakan fitur ini, setiap kali muncul huruf lebih dari satu, maka secara otomatis akan merubahnya menjadi hanya satu huruf. Misalnya kalau muncul huruf “aaaa”, fitur autotext akan merubahnya menjadi “a” saja.
Berikut cara mengatasi double typing BlackBerry yang menggunakan OS 4 dan 5:
  • 1. Masuk ke menu “Option” (bergambar kunci pas)
  • 2. Klik “Auto Text
  • 3. Tekan tombol Menu (Tombol dengan logo BlackBerry) > lalu pilih “New
  • 4. Isi “Replace:” dengan tombol huruf yang bermasalah. Isi lebih dari satu huruf. Misalnya kalau yang rusak tombol “r“, maka isi Replace: dengan: rr
  • 5. Isi “With:” dengan hanya satu huruf yang bermasalah. Dalam contoh, maka isi “With:” dengan: r (lihat gambar dibawah)
cara mengatasi huruf ganda blackberry
Atasi huruf ganda dengan fitur AutoText
  • 6. Tekan tombol Back (gambar panah melengkung ke belakang) lalu klik “Save”
Sekarang setiap kali muncul huruf rr, secara otomatis huruf tersebut akan terkonversi menjadi huruf r saja. Ulangi proses ini dari dua sampai berapa banyak huruf r biasanya muncul. Misalnya kalau huruf r muncul tiga kali, maka Anda harus membuat auto text satu lagi yang menggantikan (Replace:) rrr dengan (with:) r. Gambar dibawah adalah contoh hasil autotext untuk mengantisipasi huruf r bila sampai muncul sebanyak enam kali:
mengatasi masalah keypad blackberry
Mengatasi Double Typing BB
Bila Anda menggunakan BlackBerry OS 6 atau 7, maka fitur AutoText berubah nama jadi Word Substitution. Untuk cara settingnya sebagai berikut:
  1. Buka Option (gambar icon kunci inggris)
  2. Klik Typing and Input (Typing and Language)
  3. Klik Word Substitution
  4. Tekan tombol Menu (Tombol gambar BlackBerry) > pilih “New”
  5. Isi Replace: (misal) aaa With: a
  6. Tekan tombol Back / Escape > klik Save
  7. Ulangi proses tergantung berapa banyak duplikat huruf yang muncul.
Demikian informasi cara mengatasi huruf double keyboard BlackBerry sendiri tanpa perlu bongkar casing persembahan BONES Official, semoga bermanfaat :)

Posting Komentar