[JUST SHARE]
Android semakin sukses dalam perebutan tahta kekuasaan sistem operasi pada ponsel. Berdasarkan riset comScore, tercatat bahwa Android meraih 46,9 persen pangsa pasar mobile di AS pada September hingga November 2011. Kenaikan 3,1 persen dari bulan Agustus 2011 ini membuatnya meraih posisi puncak.


Fleksibilitas yang ditawarkan OS Android, membuatnya digandrungi para pecinta smartphone. Android tak hanya mengusung nama besar Google, tapi juga memberikan nuansa baru dalam dunia smartphone, dengan OS nya yang begitu menarik.

Sebelumnya, Apple menjadi raja sistem operasi ponsel di Amerika Serikat. Tapi, tak lama posisi itu pun diancam Android, hingga akhirnya resmi jatuh ke tangan OS besutan Google tersebut. Prediksi bahwa Android akan menjadi raja gadget di tahun 2012 pun sudah bukan mimpi semata.

Apple dengan iOS-nya kini harus puas di posisi kedua dengan perolehan pangsa pasar sebesar 28,7 persen.

Disusul oleh BlackBerry dengan BlackBerry OS-nya di posisi ketiga dengan perolehan pangsa pasar sebesar 16,8 persen. Jika pangsa pasar Apple naik 1,4 persen, Android naik 3,1 persen, BlackBerry malah turun 3,1 persen. Rupanya memang benar adanya bahwa pangsa BlackBerry di AS sudah mulai turun.

Di pangsa pasar 5,2 persen atau posisi keempat dan kelima diraih oleh Micrsofot dengan Windows Phone-nya. Sedangkan mantan raja ponsel, Nokia dengan Symbian-nya meraih posisi kelima.
Kemungkinan besar, kepopuleran iOS dan Android masih akan terus mengalami kenaikan. Ini disebabkan adanya 6,8 juta aktivasi perangkat kedua OS tersebut pada 24-25 Desember 2011 kemarin. Pilihan perangkat Android dan iOS sebagai kado Natal dinilai pengamat sebagai penyebabnya.

Langkah Android memang bisa dibilang sangat sukses, mengalahkan ciptaan Google lainnya yang juga populer: Google Chrome (browser). Sejak dirilis pada 5 November 2007, Android mendapat sambutan yang luar biasa.


Posting Komentar