Beredar kabar di dunia industri gadget bahwa Nokia tertarik menggunakan Android pada smartphone-nya. Berita ini dipancing oleh iklan lowongan yang ditawarkan oleh Nokia.

Nokia menawarkan lowongan Senior Engineer yang ahli dalam bidang Linux. Langkah ini tentu mencurigakan karena Linux merupakan teknologi inti dari Android. Sedangkan sistem operasi yang erat dengan Nokia seperti Symbian dan Windows Phone tidak berbasis Linux.

Iklan yang ditampilkan pada jejaring sosial LinkedIn itu juga berisi beberapa penjelasan tentang job description posisi yang dimaksud. Posisi tersebut nantinya akan bekerja untuk menciptakan produk baru dan memiliki teknologi ponsel masa depan. Hal ini semakin menambah spekulasi penggunaan Android oleh Nokia.

Nokia sendiri pernah mengembangkan sistem operasi berbasis Linux yang diberi kode nama Meltemi. Namun proyek tersebut dihentikan menyusul upaya penghematan anggaran oleh produsen ponsel Finlandia tersebut. Sistem operasi Meego milik Nokia juga telah dihentikan kelanjutannya.

Berbagai hal di atas merupakan faktor yang memperkuat rumor tersebut.

Apakah Anda tertarik apabila Nokia mengembangkan smartphone berbasis Android?

 

Posting Komentar