Bumi semakin rentan akan ancaman berbagai benda luar angkasa. Beberapa insiatif tindakan pun dilakukan untuk mencegahnya, termasuk teknik cat semprot khusus. Bagaimana cara kerjanya?

Salah satu teknik yang disebut dapat menghancurkan ancaman asteroid adalah menggunakan tenaga matahari yang diubah menjadi sinar laser penghancur. Namun, ternyata ada cara lain yang lebih sederhana, yakni dengan melapisi objeknya menggunakan cat semprot khusus.

Rencana dari penggunaan teknik ini yaitu, ketika badan luar angkasa atau lembaga antariksa yang berwenang menemukan ancaman dari asteroid atau benda luar angkasa lainnya, kemudian akan diluncurkan pesawat luar angkasa khusus untuk berhadapan dengan objek itu dan kemudian menyemprotkan cat dan melapisinya.

Lapisan cat itu kemudian akan mempengaruhi reflektivitas dari objek tersebut yang kemudian akan tertangkap tenaga matahari dan menabrakkannya ke matahari, seperti yang dipaparkan oleh Dave Hyland, seorang profesor fisika dan astronomi dari Aerospace Engineering Department di Texas, AS.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam teknik ini.

Pertama, catnya bukanlah cat standar atau biasa, bahannya juga bukan berupa minyak atau air melainkan lebih seperti bubuk kering yang dapat melapisi objek tersebut dengan listrik statis.

Kedua, teknik ini harus dilakukan sesegera mungkin setelah objek terdeteksi, sehingga kumpulan foton akan memiliki cukup waktu untuk mengalihkan jalurnya.

Dikutip dari Gizmodo oleh inilah(com), ini bisa menjadi solusi lebih simpel dan lebih murah dibandingkan dengan teknik yang diusulkan sebelumnya. NASA bahkan disebut mendekati Hyland untuk melakukan pengujian teknik ini.


Posting Komentar