Angin kencang, ombak tinggi (ilustrasi).
NIAS UTARA -- Setelah dikabarkan hilang, dua nelayan di Nias Utara, Sumatra Utara, akhirnya ditemukan hari ini, Sabtu (8/7). Keduanya ditemukan dalam keadaan selamat meski lemas.

Dua nelayan tersebut, yakni Makmur Lase (35) dan Edi Rahmat Gea (18), warga kelurahan Pasar Lahewa, kecamatan Lahewa, Nias Utara. Mereka ditemukan tim gabungan SAR, BPBD Nias Utara, TNI, Polri, dan nelayan setempat di dekat Pulau Oma, Nias Utara, tepatnya pada koordinat 01'28'51"N 097'06'22"E.

"Mereka ditemukan sekitar pukul 11.20 WIB dalam keadaan selamat," kata Koordinator Pos SAR Nias Bobby Purba, Sabtu (8/7).

Bobby menjelaskan, kedua nelayan tersebut mengalami kerusakan mesin pada perahu yang mereka gunakan. Hal inilah yang kemudian membuat mereka kesulitan untuk kembali ke daratan.  "Pengakuan nelayan itu, mereka mengalami kerusakan mesin sehingga tidak bisa kembali," ujar dia.

Saat ditemukan, kedua nelayan itu dalam keadaan lelah akibat kehabisan makanan dan minuman. Keduanya beserta kapal yang mereka tumpangi pun langsung dievakuasi dan kemudian diserahkan kepada pihak keluarga.

"Beruntung segera ditemukan karena keduanya kelaparan akibat kehabisan makanan dan minuman," kata Bobby.

Kedua nelayan ini dilaporkan hilang saat memancing ikan di laut pada Jumat (7/7) kemarin. Mereka tak kunjung kembali setelah pergi melaut sejak pukul 03.00 WIB. Biasanya, mereka akan pulang pada pukul 11.00 WIB ‎keesokan harinya.‎ 

source: republika







Posting Komentar