Cairns menjadi gerbang masuk Great Barrier Reef, salah satu lokasi menyelam terindah dunia.
SYDNEY- Dua wisatawan asal Prancis tewas pada Rabu (16/11) akibat serangan jantung saat menyelam di 'Great Barrier Reef' Australia. Pria dan perempuan berumur sekitar 70 tahun itu merupakan bagian dari kelompok berisi 21 wisatawan Prancis yang mengunjungi Michaelmas Cay, Cairns Utara, kata penyedia jasa tur, Passions of Paradise.

"Catatan kesehatan mereka telah diketahui dan saat itu keduanya didampingi seorang pengawas saat menyelam," kata Scotty Garden, kepala pelaksana Passions of Paradise.

Namun, pihak itu, tak bersedia memberi keterangan lebih lanjut. "Great Barrier Reef" membentang sepanjang dua ribu kilometer (1.200 mil) di sepanjang pesisir timur laut Australia dan dianggap sebagai ekosistem hidup terbesar.

Wilayah itu menarik perhatian dua juta pengunjung tiap tahunnya dan menghasilkan pendapatan milyaran dolar di sektor pariwisata. "Ada lima kasus kematian tiap tahunnya di Great Barrier Reef, tetapi di industri ini selama 35 tahun terakhir, saya tidak pernah melihat dua orang tewas dalam satu tur yang sama," kata Col McKenzie, direktur pelaksana Asosiasi Pengelola Jasa Wisata Taman Laut (AMPTO).

Posting Komentar