Ada banyak fungsi yang bisa dimaksimalkan pada teknologi dan perangkat mobile saat ini. Jika baru-baru ini tim peneliti mengembangkan sebuah virtual game untuk membantu tunanetra menavigasi lingkungan baru, kali ini giliran iPhone yang diaplikasikan pada pengguna dengan keterbatasan pendengaran.

iPhone memiliki mikrofon, komputer yang dapat memproses audio dan earphone. Tapi kenapa selama ini masih belum ada yang memanfaatkannya sebagai alat bantu dengar? Beruntung, karena sejumlah peneliti dari University of Essex telah melakukannya dengan menciptakan aplikasi BioAid.

Aplikasi ini cukup berpotensi untuk menggantikan alat bantu dengar seharga ribuan dollar hanya dengan memanfaatkan iPhone dan aplikasi yang bisa didownload secara gratis. BioAid bekerja dengan iPhone (dioptimalkan untuk iPhone 5), iPod touch dan iPad. Setelah pengguna menginstal aplikasi, mereka dapat memulai dengan prosedur setup dalam menentukan pengaturan terbaik untuk mengatasi jenis gangguan pendengaran tertentu.

Ada enam pengaturan yang dapat dipilih, yang masing-masing memiliki empat fine-tuning sub-setting. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menargetkan frekuensi tertentu pada kesulitan pendengaran mereka. Dengan cara ini pengguna tidak membutuhkan tes pendengaran atau kunjungan ke spesialis apapun.

Tidak hanya meningkatkan semua tingkat audio dalam frekuensi tertentu, namun aplikasi ini juga akan membuat suara keras menjadi menyenangkan. Meningkatkan suara yang sudah keras adalah salah satu alasan mengapa beberapa pengguna menghindari alat bantu dengar. Dan aplikasi ini menawarkan solusinya, dengan cara memunculkan suara rendah dan menurunkan suara keras di earphone pengguna.

Cara ini terinspirasi oleh ilmu biologi yang memungkinkan telinga manusia untuk melakukan hal yang sama. Untuk itulah aplikasi diberi nama BioAid. Untuk saat ini versi beta dari aplikasi BioAid sudah tersedia secara gratis di iTunes App Store.


Posting Komentar