Keuntungan yang didapat oleh Facebook dengan semiliar pengguna rupanya tidak main-main. Jejaring sosial milik Mark Zuckerberg ini pun bahkan mampu membayar USD 2 juta hanya untuk para pengembang game saja.

Seperti yang dilansir oleh Tech Crunch (26/3), angka USD 2 juta atau setara Rp 19,2 miliar ini memang hanya diberikan untuk pengembang game di jejaring sosial ini saja. Hal ini dilakukan Facebook sebagai imbalan telah mampu menarik minat pengguna jejaring sosial untuk menggunakan uangnya agar bisa bermain.

Angka USD 2 juta ini sendiri sebenarnya meningkat drastis jika dibandingkan pada tahun sebelumnya. Sekedar tahu saja, pada 2011, pendapatan Facebook dari game ini hanya 70 persen dari pendapatan tahun 2012 ini.

Hal tersebut dikarenakan meningkatnya jumlah pemain game di Facebook. Pada tahun 2012, tercatat ada 235 juta pengguna Facebook yang menggunakan layanan game Facebook. Bahkan, kabarnya angka ini terus menanjak hingga kini dengan angka 250 juta pengguna.

Meski begitu, Facebook nyatanya tidak memecahkan rekor apapun berkaitan dengan game ini. Sebelumnya, game Facebook memang pernah berada di puncak dengan jumlah pengguna 263 juta orang pada 2010.

Game memang menjadi lahan monetisasi tersendiri bagi Facebook. Berkat game ini, sudah ada lebih dari 100 pengembang game yang mampu meraup keuntungan akibat memasang permainannya di jejaring sosial paling ramai sejagad ini.

Posting Komentar