Terobosan teknologi di dunia ponsel terus dibuat. Salah satunya oleh Nokia yang belum lama ini menciptakan teknologi ponsel yang tidak perlu dicas untuk selamanya. Penasaran?

Vendor asal Finlandia itu akan menggunakan antena ultra wide band yang dapat menangkap frekuensi mulai dari 500 MHz hingga 10 GHz. Antena ini dapat menangkap berbagai sinyal, mulai dari sinyal TV, sinyal radio, dan sinyal ponsel. Dari antena inilah kemudian bisa mengubah sinyal menjadi daya listrik untuk daya ponsel Nokia tersebut.

Seperti dikutip dari Wmpoweruser, Rabu (27/3), dengan metode antena teesebut maka ponsel akan selalu dalam keadaan standby sehingga tidak lagi perlu diisi ulang selamanya, selama sinyal masih hilir mudik di udara.

Para peneliti Nokia mengaku baru berhasil mengubah sinyal tersebut menjadi daya sebesar 5 milliwatt. Akan tetapi dalam waktu dekat, rencananya sinyal tersebut bakal bisa diubah menjadi daya hingga 20 milliwatt.

Para peneliti mengklaim telah membuat target jangka panjang. Target yang diprogramkan oleh mereka adalah meningkatkan hasil perubahan daya menjadi 50 milliwatt. Daya sebesar itu diakui bisa memenuhi kebutuhan daya baterai ponsel secara perlahan.

Bila pengembangan ini sukses di masa depan, kita nantinya tak perlu lagi harus menenteng powerbank agar ponsel tetap menyala. Bahkan, Anda tidak perlu mengisi baterai dengan mencolokkannya ke charger atau memakai wireless charger. Ponsel dengan teknologi seperti ini diklaim akan hadir di pasaran dalam waktu 3 sampai 5 tahun mendatang.
 

Posting Komentar