CALIFORNIA - Perusahaan teknologi yang berbasis di California, Amerika Serikat, Nvidia tampaknya tak terpukau dengan kemampuan hardware yang dimiliki konsol game PlayStation 4 (PS4). Perangkat hiburan anyar dari Sony itu dikatakan telah kadaluarsa dari sisi kekuatan grafis hardware-nya.

Dilansir Gamingunion, Minggu (17/3/2013), Nvidia mengungkapkan bahwa spesifikasi PS4 telah ketinggalan zaman. Sekalipun konsol game PlayStation generasi keempat belum dirilis di akhir 2013, menurut raksasa produsen graphics processing units (GPU) ini, PS4 tetap mengusung hardware yang "expired".

Senior Vice President Nvidia, Tony Tamasi berbicara kepada TechRadar, mengungkap spesifikasi PS4 berada di lingkungan CPU low-end. "Dibandingkan dengan PC, spesifikasi PS4 berada di lingkungan CPU low-end dan sisi GPU di kelas rendah hingga menengah," kata Tony.

Lebih lanjut ia mengatakan, apabila PS4 dikapalkan di Desember seperti yang diharapkan Sony, namun tetap spesifikasi grafis (GPU) yang ditawarkan masih di bawah seri kartu grafis GTX680 (berdasarkan GFLOPS dan tekstur).

Seperti diketahui, GPU GTX680 ini telah diluncurkan pada Maret 2012 atau sekira satu tahun lalu. Ungkapan bos Nvidia ini tampak menunjukkan "kedongkolan", lantaran Sony lebih memilih Radeon ketimbang Nvidia.

Tony juga mengatakan alasan Nvidia tidak terlibat pada pengembangan PS4. "Saya yakin ada negosiasi yang berlangsung dan kami sampai pada kesimpulan bahwa kami tidak ingin melakukan bisnis (bersama Sony dengan PS4)," jelasnya.

Nvidia diketahui merupakan perusahaan utama yang membuat hardware grafis untuk PC. Terkini, perusahaan yang berdiri sejak 1993 itu memasuki pasar konsol genggam dengan Project Shield.



Posting Komentar