Umumnya, semua manusia pasti pernah buang gas alias kentut. Kentut merupakan anugerah yang patut kita syukuri, lho! Kenapa? Karena, kentut menandakan bahwa sistem pencernaan kita berjalan dengan lancar dan berfungsi dengan baik. Kebayang nggak sih kalau kamu sampai nggak bisa kentut? Tandanya terjadi hal buruk yang dalam tubuh kita, terutama pada sistem pencernaan seperti lambung. Nah, berikut kita akan bahas fakta unik kentut, seperti yang dikutip dari astaga.com.

Mampu Mengindikasi Masalah Pada Tubuh
Fakta unik kentut yang pertama ialah gas yang keluar memang membuat tubuh kita sehat. Akan tetapi jika berlebihan, bisa menandakan adanya penyakit pada lambung dan usus. Nah, dengan demikian kentut bisa menjadi tanda untuk mengetahui masalah pada usus dan lambung kamu.

Kentut Nggak Berbau
Semua orang pasti pernah mengalami kentut yang nggak berbau. Faktanya, kentut yang nggak berbau itu disebabkan karena kamu menelan udara ke dalam sistem pencernaan. Jadi, gas yang dihasilkan pun cenderung tidak berbau.
 
Kentut yang Berbau
Nah, lain halnya kentut yang berbau berasal dari makan-makanan yang banyak mengandung sulfat, seperti: brokoli, almond dan kembang kol. Kentut yang berbau juga disebabkan oleh mengkonsumsi daging-dagingan dan susu.
Berapa Kali Dalam Sehari? Pernah nggak sih kamu menghitung berapa kali kamu kentut dalam sehari? Rata-rata orang mengeluarkan kentut sebanyak 10 kali bahkan lebih, dalam kurun waktu sehari.
Cowok Lebih Sering!Fakta unik kentut lainnya ialah cowok lebih sering kentut daripada cewek. Kabarnya sih, ini dikarenakan cowok lebih cepat dalam mengkonsumsi makanan dibandingkan cewek.
Mengunyah Permen Karet dapat Menyebabkan KentutFakta unik kentut yang ini jujur bikin bingung. Penelitian oleh American College of Gastroenterology menyatakan bahwa mengunyah permen karet akan membuat seseorang lebih sering kentut. Hmm, aneh juga ya!
Bisa TerbakarTau nggak sih kalau kentut bisa terbakar? Yup, fakta unik kentut terakhir ialah gas yang dikeluarkan oleh kita mengandung metana dan hidrogen yang apabila disodorkan dengan korek api, maka akan menyalakan api warna biru. Apa kamu pernah mencobanya?
Nah, itulah fakta-fakta unik tentang kentut yang perlu kamu ketahui. Baru tau, ya?


Posting Komentar