Tak dapat dipungkiri, kehadiran robot dapat membantu pekerjaan manusia di berbagai sektor. Pasalnya, robot dapat melakukan beragam tugas sulit secara lebih singkat.

Dalam sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh para periset dari Universitas Oxford dan Yale, kecerdasan buatan (AI/Artificial Intellegence) semakin banyak digunakan di berbagai sektor kehidupan.

Studi dilakukan dengan melakukan survei terhadap 352 peneliti robot. Dalam survei, para ilmuwan robot memberikan pendapat tentang masa depan kecerdasan buatan.

Menurut peneliti utama Katja Grace, dalam 10 tahun ke depan, beberapa tugas manusia sudah dapat dilakukan otomatis oleh robot. Misalnya saja, robot diperkirakan dapat melakukan terjemahan sempurna pada 2024.

Robot juga diprediksi dapat melakukan kegiatan lebih kompleks dan kreatif, seperti menulis buku dan melakukan matematika tingkat tinggi.

Pada akhirnya, para periset menemukan bahwa robot dapat mengotomatisasi semua tugas manusia pada tahun 2051. Bahkan, penelitian itu menunjukkan bahwa semua pekerjaan manusia akan dilakukan robot di tahun 2136.

"Kemajuan dalam kecerdasan buatan akan mengubah kehidupan modern dengan membentuk kembali transportasi, kesehatan, sains, keuangan, dan militer," tulis para peneliti.

Posting Komentar